Rendang Daging Sapi

Dipos pada March 17, 2022

Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Daging Sapi adalah Rame2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 4 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 28 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Awalnya coba2 dan belum pernah bikin rendang sebelumnya tp hasilnya bagus juga mirip rendang asli nya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg daging sapi (bisa sandung lamur, sengkel, atau Wagyu)
  2. 3 helai daun salam
  3. 2 batang serai geprek
  4. 1 helai daun kunyit (saya tidak ada jd diganti daun kari 10 lbr)
  5. 5 helai daun jeruk
  6. 4 butir asam kandis, direndam dgn 100ml air sampai lunak
  7. 100 ml minyak goreng
  8. 1 liter santan cair (dari 1kg kelapa parut dibuat kental & cair)
  9. 500 ml santan kental
  10. 30 gr - 40gr gula jawa (gula aren) bisa disesuaikan rasa nya
  11. 2 sdm garam halus (bisa disesuaikan)
  12. Penyedap (sesuai selera)
  13. Bahan Rempah
  14. 1 batang kayu manis (kalau bisa jangan yg bubuk)
  15. 4 buah kapulaga
  16. 3 tangkai cengkeh
  17. 2 buah bunga lawang (peka)
  18. Bumbu halus
  19. 300 gr cabai merah (direbus dulu biar gampang halus)
  20. 60 gr bawang merah
  21. 50 gr bawang putih
  22. 50 gr Lengkuas
  23. 50 gr Kemiri sangrai
  24. 5 tangkai cengkeh
  25. 1 sdt ketumbar bubuk
  26. 1 buah pala (bisa diganti pala bubuk 1 sdt)
  27. Sedikit merica bubuk
  28. 200 ml minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Potong daging sesuai selera atau bisa juga potong dadu
2
Blender atau uleg bumbu halus sampai halus (jangan terlalu halus, tapi jangan terlalu kasar juga)
Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Panaskan minyak di wajan, setelah panas, masukkan dulu bumbu rempah. Goreng sampe sedikit layu.
4
Setelah bumbu rempah sedikit layu, masukkan bumbu yg sudah dihaluskan beserta Daun Salam, Daun kunyit (atau daun kari) sereh geprek, Daun Jeruk dan Gula Jawa (gula aren). Masak sampai matang (sekitar 20 menit)
5
Setelah 20 menit, masukkan santan cair perlahan sambil terus diaduk, kemudian panaskan sampai mendidih (sekitar 40 menit) sambil sesekali diaduk.
6
Setelah 40 menit, masukkan daging sapi nya, aduk rata, kemudian masukkan air asam kandis beserta asam kandis nya. Aduk rata kembali sekitar 30 - 40 menit sampai santan sedikit berkurang sambil sesekali diaduk.
7
Setelah santan sedikit berkurang, masukkan santan kental. Aduk rata lagi sambil diberikan garam dan penyedap. Masak kembali selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang sampai santan berkurang sambil sesekali diaduk. Usahakan dimasak sampai pecah minyak (sampai ada minyak nya yg keluar). Cicipi dan koreksi rasa.
Rendang Daging Sapi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Tunjang (Kikil Sapi) ala RM Padang

Gulai Tunjang (Kikil Sapi) ala RM Padang

#Recook #GulaiTunjang #GulaiKikil #GulaiPadang #MasakItuSaya #SlaluIstimewa #BagikanInspirasimu #KampoengRamadan #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #KualiEmak #CoboyRamadan_HidanganSpesialLebaran #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Source : Dapur Deis Kali ini di Coboy kita ditantang buat berkreasi dengan opor dan gulai sajian lebaran. Walaupun kita tidak merayakan lebaran tapi kita selalu ada menu khusus lebaran karena libur panjang jadi ikut meramaikan dengan acara kumpuk keluarga. Gulai Tunjang atau Kikil Sapi adalah kesukaan mertua dan suami. Jadi selain opor menu yg tersajikan di kala lebaran, gulai tunjang atau kikil sapi pun ikut serta hadir. Rasanya Hmmm khas banget RM padang yg kaya akan rempah2 Lebih murah dan bergizi sih klo kita bikin sendiri dan kita bs modifikasi dengan penambaham rempah2 lebih banyak jadi lebih enak dan juga di badan lebih sehat. Untuk penambahan santan bisa di ganti menggunakan Fiber Creme jadi lebih sehat dan juga gurih. SELAMAT mencoba

🐮Kalio Daging Sapi

🐮Kalio Daging Sapi

Sesuai resep rekomendasi Mamah, saya pilih menu ini ..kebetulan semua bahan tersedia di dapur, jadi sekalian bisa ikut ramein #PekanPosbarSayurLebaran #PejuangGoldenApron3 Recook resep Indah Fajar

4 porsi
1 jam
Opor tetelan daging sapi

Opor tetelan daging sapi

Masih dengan menu daging kurban

Tengkleng Sapi

Tengkleng Sapi

Udah lama ga share resep males ngetiknya, akhirnya share resep lagi 😁😁 Menu perdagingan edisi idul adha, kebetulan lagi musim coronces jg jadi menu tengkleng cocok banget krn full dgn rempah2an. Jadi hitung2 minum jamu tp enak & seger 🤭😂

Baso Sapi Goreng

Baso Sapi Goreng

4 orang
30 menit
Gulai Daging Sapi

Gulai Daging Sapi

Resep ini dari Mama Mertuaku, karena masakan Mama enak-enak semua, akhirnya minta resep Gulai Daging ini. Selamat Mencoba!

5 Orang
1 jam 30 menit
Soup tulang daging sapi

Soup tulang daging sapi

Resep ini ditulis untuk jadi pengingat sy pribadi saja

4 orang
Daging Sapi Masak Tomat

Daging Sapi Masak Tomat

Cocok banget nih sebagai menu lebaran, dimakan dengan buras atau ketupat. Bagi yang kurang suka pedas, cocok menu ini karena cabe rawit dibiarkan utuh. Resep ini, hasil karya mother, menyesuaikan selera orang dirumah. #KualiEmak #KampoengRamadan #MeolahCaruan_OloLebaran #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran

5 porsi
1jam
Steak sapi empuuukk whit nasi liwet megicom

Steak sapi empuuukk whit nasi liwet megicom

Bissmillah daging sisa steak bareng temen² sholihah, kini emak buat steak crispy whit nasi liwet pete 😁

4 orang
30menit
Beef Fajitas with Salsa & Guacamole

Beef Fajitas with Salsa & Guacamole

Makanan asal Mexico yang cocok buat disajikan untuk keluarga. Tonton yuk video masak lebih lengkapnya di channel Belanja Dapur Official ya!

3-4 orang
1 jam
32. Khoai tây xào thịt bò (Cah sapi dan kentang ala Vietnam)

32. Khoai tây xào thịt bò (Cah sapi dan kentang ala Vietnam)

Tipsnya adalah jangan memasak daging terlalu lama sehingga menyebabkan daging menjadi alot/liat. Makanan rumahan yang mudah sekali dibuat dan enak. Kentang, sapi, dan tomat kombinasi yg ga pernah salah :p

3 orang
25 menit
Beef yakiniku

Beef yakiniku

4 orang
1 jam 30 menit
Semur Sapi sederhana

Semur Sapi sederhana

Hidangan istimewa ini sangat sederhana dan mudah membuatnya. Rasanya ringan, karena tidak memakai rempah yang menyengat. Di hari-hari biasa semur enak disantap bersama gado-gado atau pecel. Tetapi di hari Lebaran ia bisa menemani ketupat bersama sayurnya... Hhmm Lezatoo

Serundeng daging sapi

Serundeng daging sapi

Sebnernya bingung dpt daging kurban kebnyakan.udh d bkin macam2 menu blum abis2 🤔🤗

4 porsi
2.30 jm
Sei Sapi Lada Hitam

Sei Sapi Lada Hitam

. 09/05/2021 . Source: Bernida Goin . Beberapa kali Gofood Sei Sapi.... Akhirnya bisa ngolah Sei Sapi asli dari NTT sendiri. Alhadulillah dapat dari ponakan yang kebetulan abis dinas dari kantornya ke Kupang, NTT. Dibeliinnya Sei Sapi Ny. Soekiran....katanya sih terkenal... dan rasanya memang gak mengecewakan... Saya cari resep di cookpad yang ngolah sei sapi tapi dengan bumbu minimalis biar rasa sei sapinya menonjol. dapat resepnya Bernida Goin... Sei Sapi Lada Hitam... yummy...makasih ya resepnya. . Happy cooking and happy tummy everyone . #GA_theNextLevel #CookpadIndonesia #komunitasPaders #dapurtehyanithea #Resepolahanseisapi_tehyanithea .

Brokoli sapi saus lada hitam

Brokoli sapi saus lada hitam

Pas banget nih males masak yang terlalu ribet

3 orang
1 jam