Soto Oseng Sapi campur Kambing

Dipos pada March 11, 2022

Soto Oseng Sapi campur Kambing

Anda sedang mencari inspirasi resep Soto Oseng Sapi campur Kambing yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Soto Oseng Sapi campur Kambing yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Soto Oseng Sapi campur Kambing, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Soto Oseng Sapi campur Kambing enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Soto Oseng Sapi campur Kambing adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Soto Oseng Sapi campur Kambing diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Oseng Sapi campur Kambing sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Oseng Sapi campur Kambing memakai 36 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah, bisa juga ikutan #combongabibita_qurbanasik .. Karena pas Kamis kemarin setelah sy divaksin dosis pertama, sy-nya 100% baik-baik saja, tapi hape sy yang pingsan, ngga mau di on off😅 Syukurlah hari ini dia sudah sehat lagi😅 Karena sy punya daging sisa-sisa bikin sate, sy coba bikin soto oseng ala sendiri aja😅 Berhubung daging sisaannya itu campuran dari daging sapi dan kambing, yang kalau dimasak masing-masing, jumlahnya ngga bakalan cukup buat dimakan serumah😅 Rasanya udah pasti teuteup enak dong. Pas gigit daging sapi, ada aroma kambingnya. Pas dapet kambingnya, ada rasa-rasa daging sapinya😅 Soto oseng yang dagingnya dioseng dengan bumbu iris setelah jadi soto dan sy tambah sedikit kol, jadi hidangan buat #olahandagingkurban dari sy warga #cookpadcommunity_bogor Setelah sotonya matang, waktu makan masih agak lama, jadi sy oseng sebagian dulu untuk difoto dan dicicipi🤤 Nikmati panas-panas dengan nasi dan kuahnya, nyam🤤🤭

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Oseng Sapi campur Kambing:

  1. 700 gr sandung lamur sapi campur kambing/bagian lain, sesuaikan
  2. 2 liter air
  3. 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
  4. 1 sdm minyak untung mengoseng daging
  5. Bumbu halus:
  6. 5 siung besar bawang merah
  7. 5 siung besar bawang putih
  8. 1/2 sdt ketumbar
  9. Bumbu Cemplung:
  10. 10 merica butir
  11. 2 cm kayu manis
  12. 2 buah cengkeh
  13. 2 buah kapolaga
  14. 1 buah kembang lawang utuh
  15. 1 batang serai besar/2 yg kecil
  16. 1 jempol kaki lengkoas
  17. 1 jempol kaki jahe
  18. 1/2 biji pala kecil
  19. Bumbu + sayur oseng:
  20. 3 lembar irisan kasar kol(boleh tidak)
  21. 4 siung irisan kasar bawang merah
  22. 2 buah irisan cabai merah
  23. 2 buah irisan cabai hijau
  24. 2 buah irisan tomat hijau
  25. 1 buah irisan tomat merah kecil
  26. 1 lembar daun salam kecil
  27. 10 buah cabai rawit (sesuaikan lagi)
  28. 3-4 sdm kecap manis
  29. Sedikit garam
  30. Sedikit kaldu bubuk
  31. Pelengkap sajian:
  32. Sesuai selera bawang goreng
  33. Sesuai selera irisan daun bawang
  34. Sesuai selera irisan seledri
  35. Sesuai selera sambal (jika perlu)
  36. Sesuai selera jeruk limo

Langkah-langkah untuk membuat Soto Oseng Sapi campur Kambing

1
Tumis bumbu halus sampai wangi.
Soto Oseng Sapi campur Kambing - Step 1
2
Didihkan air bersama daun salam, lengkoas geprek, sereh geprek, jahe geprek, kayumanis, kembang lawang, cengkeh, kapolaga, biji pala, dan merica bulat. Masukkan daging yg sudah dibersihkan. Buang buih-buih kecoklatan yang mengapung.
Soto Oseng Sapi campur Kambing - Step 2
3
Setelah buih-buih di permukaan rebusan daging dibuang, masukkan bumbu halus, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak sampai daging empuk, kaldunya sudah keluar dan aromanya harum. angkat daging dari kuah. Bumbui kuah dengan garam dan merica bubuk. Cicipi dan perbaiki rasanya.
Soto Oseng Sapi campur Kambing - Step 3
4
Tumis bumbu iris asal layu. Masukkan potongan daging rebus sambil ditaburi garam dan kaldu bubuk. Tumis/oseng daging sambil dibolak-balik. Setelah daging dan bumbu tertumis rata, masukkan kecap manis dan irisan kol, aduk rata sampai wangi kecap keluar. Matikan api.
Soto Oseng Sapi campur Kambing - Step 4
5
Pindahkan oseng daging ke wadah saji., taburi bawang goreng. Pindahkan kuah soto panas ke mangkuk saji. Tambahkan bawang goreng, seledri, dan daun bawang. Lengkapi penyajian dengan sambal dan jeruk limo.
Soto Oseng Sapi campur Kambing - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Beef ball simpel

Beef ball simpel

Dibuat seperti ini, hanya untuk memudahkan mengunyah, karena gigi sdh ambyar hehehe.... Selain itu bisa juga buat campuran masakan

Rendang sandung lamur

Rendang sandung lamur

Poto di resep ini rendang nya sudah di hangatkan berkali2 jadi kuahnya menyusut 😂

8 orang
1 jam
Krengsengan Iga Sapi

Krengsengan Iga Sapi

Banyak sisa iga sapi kurban, karena sebelumnya udah dibuat iga bakar, panggang, sop iga. Kali ini coba buat krengsengan iga hihi, cusssss

95. Sate sapi

95. Sate sapi

Ceritanya kmrn pas lebaran idul adha gak buat sate.. belilah ya sate kambing sm tongseng, dan harganya ternyata mahal ugak.. Berinisiasi buat sendiri aja, walaupun gak punya bakaran, pakai teflon batu aja cukup ini mah 😁

15 tusuk
Daging Sapi Bumbu Bali

Daging Sapi Bumbu Bali

Bingung masak Daging Sapi itu itu aja ?? Coba yg ini yukkk .. gampang banget ☺️

3 orang
1 jam
Suwir daging sapi - MPASI 1th +

Suwir daging sapi - MPASI 1th +

Baby K lagi berubah lagi selera makannya, dan akhirnya saya coba resep ini dari Ibu saya (aslinya pakai cabe dan terasi), lalu saya modif sedikit. Saran penyajian : dihangatkan di rice cooker dan digunting sebelum disajikan

2-3x makan
45menit
Malbi (Olahan Daging Sapi Khas Palembang)

Malbi (Olahan Daging Sapi Khas Palembang)

Ada daging steak sirloin 2 slice dan males masak steak, jadi ngide masak malbi aja. Kepengen nyobain masak malbi sendiri. Tips: rasa waktu di tes, memang terasa terlalu manis, namun saat di makan dengan nasi, rasanya akan terasa pas dan enak sekali :)

2 porsi
40 menit
Bakso ayam/ sapi enak lembut

Bakso ayam/ sapi enak lembut

Paling enak bikin bakso sendiri, lebih hemat dan jadinya banyak😆😆

20 org
1 jam
Ketupat Kari Daging Sapi (Kari Instan)

Ketupat Kari Daging Sapi (Kari Instan)

Ma syaa Allah .. tak terasa ya sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan 🥺 Mari kita bersama-sama giatkan beribadah, sisipkan do'a dalam munajat kita untuk bangsa Indonesia agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa bersilaturahmi dengan para sanak keluarga tanpa ada rasa was-was 🥺 Walaupun tahun ini masih bisa belum pulang kampung 😢 kita tetap harus terus bersyukur walaupun tetap di rumah saja karena Allah masih memberikan kita kesehatan dan juga masih bisa berkumpul bersama keluarga kecil tersayang 💙 Siapin menu buat hidangan yang pasti di suka keluarga buat Idul Fitri nanti, stalking resep di CP ketemu resep nya @nirastorytummy 'lontong kari' langsung eksekusi dengan takaran disesuaikan, thanks yaa mba resep nya Resep asli https://cookpad.com/id/resep/4280629-lontong-kari?invite_token=KKGAC2efSJ8u6w2CccprSuKZ&shared_at=1619519064⁰ #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Jakarta

Beef Steak Crispy ala WS

Beef Steak Crispy ala WS

kebetulan di kulkas ada stok daging has dalam jadilah kita bikin masakan yg simpel dan cepet aja ala2 WS #CookpadCommunity_Depok #PosbarIDAMAN #OlahanDagingKurban #KampungIdaman

19. Gulai babat jeroan sapi santan

19. Gulai babat jeroan sapi santan

Dapet jeroan sapi idul adha kemarin bingung mau di olah apa? Yuk masak gule aja ,, jeroan sapi kalo kita mengolah dengan cara yang benar akan jadi masakan yang enak lho ,, selamat mencoba!! Semoga bermanfaat ;)

4 orang
2 jam
336. Daging Sapi Cincang untuk isian roti, bakpao dll

336. Daging Sapi Cincang untuk isian roti, bakpao dll

Ada sisa daging sapi dikulkas dibuat isian roti aja siapa tahu jg mau bikin yg lain buat lauk tambah nasi hangat juga enak loh buat sarapan praktis .... tinggal tambahin kuah bakso klo suka juga enak Source: xander kitchen Cooksnap : @pawon_ibuk 2/8/21 #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #DibuangSayang #PosbarIdaman #Cooksnap #CoolpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi

Beef Fajitas with Salsa & Guacamole

Beef Fajitas with Salsa & Guacamole

Makanan asal Mexico yang cocok buat disajikan untuk keluarga. Tonton yuk video masak lebih lengkapnya di channel Belanja Dapur Official ya!

3-4 orang
1 jam
Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Punya banyak stock daging kurban, tp bosan masak sambal dan gulai, akhirnya coba2 masak Rendang. Cuma karena bingung sama bahan bahannya akhirnya buat yang sederhana aja...this is it !!!!

5 orang
2 Jam