Rawon Daging Sapi

Dipos pada March 12, 2022

Rawon Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rawon Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rawon Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rawon Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rawon Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rawon Daging Sapi adalah 8 - 10 org. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rawon Daging Sapi diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rawon Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rawon Daging Sapi memakai 23 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kangen udh lama ga makan rawon... krn jarang banget yg jual, paling ketemunya persotoan, jadilah uplek2 sendiri 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rawon Daging Sapi:

  1. Daging sandung lamur
  2. Pelengkap :
  3. Kerupuk
  4. Telor asin/ telor rebus (selera)
  5. Cabe rebus (haluskan)
  6. Tauge (selera)
  7. Daun bawang
  8. selera Bawang goreng (putih + merah)
  9. Bumbu :
  10. 10 siung bawang merah
  11. 7 siung bawang putih
  12. 1 1/2 sdm ketumbar
  13. 6 butir kemiri
  14. 1 sdm jinten
  15. 1 ruas jahe
  16. 1 ruas kunyit
  17. 6 lembar daun jeruk
  18. 2 batang serai
  19. Lengkuas (secukupnya)
  20. 1 sdt lada
  21. 5 cabe keriting (selera)
  22. 1 sachet bumbu rawon kemasan
  23. 5-6 biji kluwek, buka kulitnya, rendam di air

Langkah-langkah untuk membuat Rawon Daging Sapi

1
Cuci bersih daging, potong2 sesuai selera Rebus sebentar (5 menit) ganti airnya
2
Didihkan air dipanci
3
Haluskan semua bumbu termasuk kluwek, kecuali daun2an + lengkuas (sy di blender)
4
Tumis bumbu halus + bumbu sachet + kluwek masukan daging tumis sebentar
5
Lalu masukan ke dalam air mendidih tadi, tambahkan daun2an + lengkuas
6
Tambahkan garam, mecin, penyedap sapi, gula (koreksi rasa) πŸ‘Œ
7
Terakhir masukan irisan daun bawang, taburan bawang goreng
8
Siapkan wadah saji, rawon siap disajikan bersama telor rebus/ telor asin, tauge, krupuk dan sambal πŸ€—

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Spageti hati sapi hot pedas

Spageti hati sapi hot pedas

Keluargaku paling suka bikin ini biasanya sih pake ayam atau daging giling buat campuranya tapi karna di luar lagi hujan jadilah pake hati sapi yang ada di kulkas.

2 orang
30 menit
MPASI Potato Beef Carbonara 4 Bintang Adekuat

MPASI Potato Beef Carbonara 4 Bintang Adekuat

Setiap memasak MPASI saya selalu membuat 3 porsi sekaligus untuk makan pagi, siang, dan sore. MPASI saya simpan di container dan dimasukkan di kulkas bagian bawah yg dingin. Karena saya tidak punya microwave, MPASI saya panaskan dengan merendam di air mendidih tanpa api. Tutup container di buka, tapi pancinya ditutup agar panasnya cepat merata. Untuk takaran saya tidak menggunakan timbangan, hanya kira-kira saja dan dibantu sendok/cup ukur. Bahan aman untuk di-recook, namun untuk takaran silahkan dipastikan sendiri ya bund πŸ˜… Saya selalu mengusahakan MPASI 4 bintang dan selingan 1x untuk anak saya, Dyzal. ⭐ Karbo ⭐⭐ Prohe ⭐⭐⭐ Prona ⭐⭐⭐⭐ Sayur πŸŒ™ LT

Rendang sapi

Rendang sapi

4 org
1jam15 menit
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Ga perlu ke resto hanya untuk makan istimewa.. Di rumah saja..dengan bumbu yang mudah di dapat hasilnya seenak masakan resto.. πŸ˜‹πŸ’ž Ga perlu masak lama bun..karena daging nya sudah diiris tipis (dan tanpa lemak) jadi cepat empuk nya..dan ga tambah air karena daging sudah mengeluarkan air sendiri. Praktis dan mudah..

Creamy beef spagethi

Creamy beef spagethi

Lg pengen makan spahetti aja nich πŸ˜‰πŸ˜‰

2 orang
1 jam
Cireng Banjur kuah tetelan

Cireng Banjur kuah tetelan

Perdana menjalankan tugas dari #genk_PejuangDapur nih🀭 Hasil Cooksnap dari @Mama_Rara namun saya modif dengan tetelan krna kebetulan masih punya seuprit stok tetelan di frezer.. #RememberGenkPeDa_MamaRara #GenkPejuangDapur #Cookpadcommunity_jakarta #PekanCooksnap #Cookpad_id

Thai Beef Basil

Thai Beef Basil

Resep ini enak dan super mudah. Sebagai pecinta kemangi/basil lokal wah menu ini adalah andalan saya ketika ingin yg praktis, enak, dan cepat.

3 orang
20 menit
Soto Seger Daging Sapi

Soto Seger Daging Sapi

Beli daging sapi kebanyakan.. Awalnya mau dibuat selat segar.. Masih sisa dan akhirnya dimasak soto seger aja.. Bocil pada suka..

Sop Baso Sapi

Sop Baso Sapi

Sayur kesukaan semua anak nih mom. Bikinnya guampang, enak dan segeree. #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenApron3

20 menit
Baso Daging Sapi Homemade (tanpa BP)

Baso Daging Sapi Homemade (tanpa BP)

Bismillah, Source: @ChristineY https://cookpad.com/id/resep/12687102-2-bakso-sapi-kenyal Untuk hasil teksturnya, kenyal nya tidak sekenyal menggunakan BP yaa.. Jadi kalau ingin membuat Baso yang kenyal nya sempurna, better menggunakan BP. #Semanggi_AnekaSop #SupportBumil #promil #Simplerecipesummuarwa #beningsup_ummuarwa #masakanrumahan #masakansederhana #masakkilat #masakpraktis #masakmudah #masaksimpel #masaktanparibet #simpeltapienak #minimalishasilfantastis #Cookpad_id #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_jakarta #CookpadCommunity_Indonesia #CookpadMemasakMenjadiLebihMenyenangkan

Szechuan beef stir fry

Szechuan beef stir fry

setelah coba mala nya dr salah satu hotpot yg famous jadi ngidam rasa uniknya malaaaaa !!!! akhirnya coba cari merica szechuan di online shop dan ketemu wkwkk .. dan akhirnyaa mari kita eksekusiiii !! ini resep modifikasi dr ka Cisade yaa .. terimakasih ka sudah berbagi resep 😘

Tumis Kacang Panjang dengan Smoke Beef

Tumis Kacang Panjang dengan Smoke Beef

Masak ini sudah lama sekali, waktu masih punya stock kacang panjang yang cuma ada setahun sekali πŸ˜‚ #PejuangGoldenApron3

Tongseng daging sapi

Tongseng daging sapi

Daging idul adha masih bnyk bgt d kulkas.. cuss esekusi.. ikutin resep dari ka pawon by elysnawati πŸ™πŸ™. Saya tambahkan gula merah biar lbh mantab.

2 porsi
1.5 jam
Sop iga sapi

Sop iga sapi

Ini resep sop iga sapi turun temurun dari keluargaku, semoga membantu bagi yang membutuhkannyaπŸ˜‰

4 Orang
1 jam
Malbi daging sapi

Malbi daging sapi

5-6 orang
1 jam