Sop Iga Sapi

Dipos pada February 21, 2022

Sop Iga Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Sop Iga Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sop Iga Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop Iga Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sop Iga Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop Iga Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Iga Sapi memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sop iga paling enak di makan saat hujan dan dingin, apalagi di tambah perasan jeruk nipis, bawang goreng,emping dan sambel rawit 🤤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop Iga Sapi:

  1. 1 kg iga sapi
  2. Tetelan secukup nya (optional)
  3. 4 bh wortel iris tebal
  4. 2 bh kentang, potong besar
  5. 2 bh batang daun bawang, iris besar
  6. 1 bh bombay, belah 2, potongan besar wortel &batang daun bawang
  7. 3 lembar daun salam
  8. 3 lbar daun jeruk purut
  9. 2 jempol jahe, geprek
  10. 2 bh kapulaga
  11. 2 bh kembang lawang
  12. 3 bh cengkeh
  13. 1 batang sedang kayumanis
  14. 3 liter air bersih
  15. secukupnya Garam dan lada bubuk
  16. Bumbu halus /giling :
  17. 6 bh bawang merah
  18. 4 bh Bawang putih
  19. Sedikit biji pala
  20. 1/4 sdt merica
  21. Pelengkap :
  22. Bawang goreng
  23. Kerupuk emping
  24. Potongan tomat merah
  25. Irisan daun seledri
  26. Sambal rawit merah
  27. Irisan jeruk nipis

Langkah-langkah untuk membuat Sop Iga Sapi

1
Siapkan semua bahan dan bumbu, jangan lupa cuci bersih iga sapi
2
Didihkan sedikit air, rebus iga sampai semua kotoran iga keluar,, angkat iga dan buang air kotor tadi,, rebus air bersih sampai mendidih, lalu rebus iga sampai empuk, bisa rebus pakai presto atau pakai metode 15.30.15 tutup rapat. Saat rebus iga di 15 menit terakhir masukan daun salam, jahe, daun jeruk bawang bombay, potongan besar wortel dan batang daun bawang, kapulaga, cengkeh, bunga lawang dan kayu manis,, tutup panci rebus iga sampai empuk
3
Sambil menunggu iga empuk, di tempat terpisah rebus wortel 3/4 matang dan kentang,angkat lalu rendam di air es agar warna wortel dan kentang tetap bagus dan segar, sisihkan
4
Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukan kedalam rebusan iga sapi Aduk rata, tambahkan garam dan kaldu bubuk, test rasa,apabila iga sudah benar2 empuk,, semua daun daun, jahe, kapulaga cengkeh kayumanis, bungalawang, bombay, potongan wortel dan daun bawang tadi, di keluarkan dari air rebusan, matikan kompor dan tambahkan irisan daun bawang, sop iga siap di sajikan
5
Saat hendak di sajikan, siapkan mangkok tata kentang dan wortel rebus, dan tuang sop iga ke mangkok, beri potongan tomat, irisan seledri dan taburan bawang goreng,dan perasan jeruk nipis jg, jgn lupa kerupuk emping dan sambal rawitnya

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Beef Teriyaki Donburi

Beef Teriyaki Donburi

Daging merah susah2 gampang dimasak suka alot.Ini dipotong kecil dan tipis2 sebelum dimasukkan freezer. Dimasak ala beef teriyaki donburi jepang gitu biar bisa langsung habis karena anak2 suka yg ada kecapnya dibanding santan. Simple banget, tinggal sajikan diatas mangkok berisi nasi hangat. Alhamdulillah pas habis utk 1 keluarga😁 Bisa posbar nih. #PosbarMasakanJepang #CookpadCommunity_Yogyakarta #Kopijos #SelaluIstimewa

5 porsi
Sop Tulang Sapi

Sop Tulang Sapi

siapa yang kalo punya tulang atau iga sapi selalu dibikin sop karena bingung mau dibikin apalagi? sayaaaa. jadilah bikin sop dengan bahan seadanya yang ada dikulkas.

Beef teriyaki ala hokben

Beef teriyaki ala hokben

Yuhuuu bosen olahan ayam kita merapat dengan bahan olahan daging, yang suka nge hokben pasti pengen donk buat sendiri di rumah, terjangkau dan bisa 2x masaknya yuk coba intip resepnya

3 orang
30 menit
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Menyiapkan menu mudah murah cepat dan disukai is a must buatku, so this is it..cobain ya..antigagal dah pokoknya

Bentar banget
Sate sapi goreng

Sate sapi goreng

Punya daging dikit. Iseng buka Cookpad nemu resepnya mbak @farah_annisa . Bahan ada semua. Langsung coba masak buat lauk hari ini. 🥰😍 Enak dinikmati pake nasi hangat plus sambel. Bikin nambah nambah..

Homemade Minced Beef Steak

Homemade Minced Beef Steak

kepingin banget makan steak dan coba masak steak, kebetulan masih punya stock daging, jadi di coba saja. Alhamdulillah suami dan anak anak suka. Silahkan dicoba, saya pakai bahan bahan yang sering ada di rumah.

Bistik Sapi

Bistik Sapi

Ini sih cepet banget abisnya. MasyaAllah. Pokoke enaaak lah #cookpadcommunity_depok #rekreasi_bali

4 orang
45 menit
Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Edisi masih di kampung halaman (Solo) karena PPKM lv. 4 diperpanjang sehingga belum bisa kembali ke Surabaya. Pengen tongseng Mbok Galak, tapi hati bimbang. Terinspirasi resep dari mbak @fitrisasmaya , dengan sedikit modifikasi resep sim salabim abrakadabra jadilah tongseng sapi 🤗

Bistik Daging Sapi

Bistik Daging Sapi

Resep turun temurun yang selalu hadir saat momen lebaran bersama alm. Ibu.

Pindang Sapi

Pindang Sapi

Ini menu favorit yg dlu sering dimasak almh. Mama

Rawon Daging Sapi

Rawon Daging Sapi

Masih edisi daging sapi sisa hari raya idul Adha 😇 Pake resep bude yuli. Makyus suwegerr🥘

5 orang
1 jam
Beef Teriyaki ala HokBen

Beef Teriyaki ala HokBen

2 orang
1 Jam 30 Menit
Beef teriyaki original dan blackpepper simple

Beef teriyaki original dan blackpepper simple

Salah satu favorit anakku kalau makan. Pasti banyak makannya kalau dimasakin ini. Ini saus teriyaki racikan sendiri. Jadi cita rasanya indonesia🥰

2 mangkuk saji
1 jam
Garlic Butter Saikoro Beef

Garlic Butter Saikoro Beef

Rasanya gurih dan nagih. Makin sedep dimakan sama nasi goreng garlic. Resep nasi goreng garlic ada dipost an setelah ini.

4 orang
20-30 mins
Vietnamese Beef Pho

Vietnamese Beef Pho

Bismillah.. Source : mba @trixie_gayatri #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi

Se'i Sapi ala Rumahan

Se'i Sapi ala Rumahan

Daging se'i atau Se'i adalah hidangan daging asap yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam bahasa Rote, se'i artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api hingga matang. (Wikipedia) Salah satu masakan kesukaan anak2 beberapa bulan terakhir ini, gara2 viral jdnya pengen coba, tdnya aq pikir anak2 ga suka dengan daging asap karna rasanya, eh ternyata pada doyan, kalau beli lumayan jg, coba bikin sendiri, tp dengan alat seadanya, cukup dipanggang kering aja tanpa asap dan hasilnya lumayan enak, anak2 jg suka bgt 🥰😋 Source : @cook_220497 #MakananKhasKupang #MakananKhasNusaTenggaraTimur #CookpadCommunity_Tangerang