Semur Daging Sapi Mantul

Dipos pada March 9, 2022

Semur Daging Sapi Mantul

Anda sedang mencari inspirasi resep Semur Daging Sapi Mantul yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Semur Daging Sapi Mantul yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Semur Daging Sapi Mantul, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Semur Daging Sapi Mantul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Semur Daging Sapi Mantul adalah 6 Orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Semur Daging Sapi Mantul diperkirakan sekitar 2 Jam 30 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Semur Daging Sapi Mantul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Semur Daging Sapi Mantul memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berawal dari hobi turun ke dapur, akhirnya menjadi chef dadakan disaat bulan Ramadhan. Semur daging sapi ala chef kosasih menjadi pilihan untuk buka puasa ramadhan di hari ke 17.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Semur Daging Sapi Mantul:

  1. 1 KG Daging Sapi Segar
  2. 3 Buah daun pepaya
  3. 2 Ruas Jari lengkuas di geprek
  4. 3 Batang sereh di geprek
  5. 3 Lembar Daun salam
  6. 3 Lembar Daun jeruk, di robek-robek agar tercium aroma jeruknya
  7. 5 biji kapulaga
  8. 2 Liter air bersih
  9. Bumbu Halus
  10. 6 siung Bawang Putih
  11. 6 Siung Bawang Merah
  12. 1 Ruas Jari di Jahe
  13. 1 Sendok makan ketumbar Butir
  14. 1 sendok makan merica butir
  15. 1/4 Biji pala
  16. 1/4 Sendok makan bubuk kayu manis
  17. 1/2 buah tomat (optional, skip jika tidak suka)
  18. 4 buah cabe merah di keluarkan bijinya
  19. Bumbu Penyedap
  20. 3 Sendok makan kecap manis atau sesuai selera
  21. 1 Sendok makan gula merah
  22. 1 1/2 sendok makan Garam atau sesuai selera
  23. 2 Blok maggi rasa sapi atau sesuai selera

Langkah-langkah untuk membuat Semur Daging Sapi Mantul

1
Potong-potong daging sapi sesuai selera kemudian cuci sampai bersih. Setelah bersih, bungkus dengan dun pepaya tujuannya agar daging sapi empuk.
2
Didihkan 1 liter air, masukan 1 lembar daun salam kemudian rebus daging sapi selama 10 menit. Setelah 10 menit, ganti air nya dan masak kembali sampai mendidih selama 1-2 Jam. Tujuan mengganti air agar kotoran saat perebusan yang pertama hilang. Jika sudah 1-2 jam dimasak, tiriskan daging nya.
Semur Daging Sapi Mantul - Step 2
3
Selagi menunggu memasak daging, haluskan semua bumbu halus. Boleh di ulek atau pun di blender yah. Kalo saya diblender saja agar menghemat waktu :-).
Semur Daging Sapi Mantul - Step 3
Semur Daging Sapi Mantul - Step 3
4
Setelah dihaluskan menjadi seperti ini
Semur Daging Sapi Mantul - Step 4
5
Siapkan wajan dengan 3 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus. Masukan sereh geprek, lengkuas geprek, daun salam dan daun jeruk. Oseng oseng sampai harum. Masukan sisa rebusan daging, aduk aduk. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan daging sapi. Aduk aduk agar bumbu meresap. Masukan semua bumbu penyedap. Koreksi rasa. Jika rasa sudah pas, sajikan untuk keluarga tercinta.
Semur Daging Sapi Mantul - Step 5
Semur Daging Sapi Mantul - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Beef Yakiniku

Beef Yakiniku

Salah satu lauk favorit, bumbu dan bikinnya simpel tapi rasanya enaakk banget, kalo beli kurang puas apalagi pasukan banyak dan doyan semua, masak pakai daging 1/2kg anak 4 udah bisa nambah" terus tanpa bikin dompet ibuknya jeboll 😂

Sate Klatak Daging Sapi Rumahan

Sate Klatak Daging Sapi Rumahan

Setoran ke 2 untuk makanan khas Yogya. Harusnya sih sate klatak pakai daging kambing dan tusuk satenya pakai jeruji besi sepeda. Tapi berhubung mamak krg suka daging kambing jadi pakai daging sapi aja yg bisa dimakan plus tusuk satenya jg pakai tusuk sate biasa. Enak loh rasanya menurut aku malah enakan ini dari pada yg di Yogya sana 🤣🤣🤣. Entah kenapa pas makan sate klatak disana tuh keras dagingnya. Untuk mba Linda @DapurGC semoga sehat dan sukses selalu. Doa yg terbaik untuk mba Linda ❤. Resep sate klataknya aku cooksnap dari mba sarie @cook_6725764. Makasih mba resepnya enaak ❤. #pekancooksnap #anjangsanakhas_Yogya #cookpadcommunity_Bogor

336. Daging Sapi Cincang untuk isian roti, bakpao dll

336. Daging Sapi Cincang untuk isian roti, bakpao dll

Ada sisa daging sapi dikulkas dibuat isian roti aja siapa tahu jg mau bikin yg lain buat lauk tambah nasi hangat juga enak loh buat sarapan praktis .... tinggal tambahin kuah bakso klo suka juga enak Source: xander kitchen Cooksnap : @pawon_ibuk 2/8/21 #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #DibuangSayang #PosbarIdaman #Cooksnap #CoolpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi

Beef bulgogi

Beef bulgogi

Gara2 sering nonton drakor, rasanya nambulin ini tuh enaaakk bgt!

Soto daging sapi rumahan

Soto daging sapi rumahan

Beberapa waktu lalu main ke rumah teman orang Indonesia juga, sekalian anak-anak main. eh pas sampe sana ditawarin makan, beliau buat soto daging katanya. . Ga enak juga ga makan , rezeki ga boleh ditolak ,, hihihi... . pas nyobain kok enak , ga bikin eneg pula, saya tanya bumbunya apa aja ? saya sebutkan bawang merah, bawang putih? kata beliau eh ga pakai bawang merah. disebutinlah satu persatu sama beliau. Tapi karena saya ga mudeng kalau ga ditulis jadinya cuma inget bawang putih jinten kunyit aja dan sereh.. hahah..lebihnya lupa. dalam hati saya "oh iya kenapa kalau bawang putih aja tuh masakan jadi terasa lebih enak yaa, seperti kuah bakso. . . enak banged ini gurih kata saya, Lalu dia bilang " ya iyalah kan pake totoe sedikit". Dalam hati saya "oh rahasia gurih ternyata terletak pada kaldu bubuk toh". . . baru kemarin saya tanya lebih detail ke beliau, bertanya di pesan private di aplikasi berwarna biru berlogo "F". dan saat itu pula saya siapkan bahan-bahannya . tapi kayaknya ada yang kelupaan ketumbar. saya lupa memasukkan ketumbar. resep yang diberikan dari beliau hanya 500 gram daging sapi bumbunya 1 bonggol bawang putih, 2 batang sereh, jehe 1 jempol, kemiri 5 buah, daun jeruk, jinten sedikit, kunyit sedikit, lada 1-2 trsp. karena saya pakai 2x resepnya dan juga saya kira-kira bahan yang saya gunakan. . Dibuat tanggal 22 Juli 2021 jam 20.00 waktu irlandia

Beef Teriyaki Ala Hokben

Beef Teriyaki Ala Hokben

Selang sehari sebelum hari raya idul adha, anak sulung merengek minta pesan online beef Teriyaki kesukaannya. Daripada beli, bunda janjikan bikinin aja, bonusnya kalo bikin sendiri kan bisa makan sepuasnya😀 Akhirnya, cek bahan di dapur sudah komplit dan dagingnya juga Alhamdulillah dapet bagian yang bagus, cuss deh masak. Kali ini ikutin resepnya Mba @qqrizqi dari Bogor. Simple, enak dan rasanya pas sesuai harapan. Anak-anak hepi banget jadinya. #cookpadcommunity_depok #olahandagingkurban #posbaridaman #kampungidaman #csdepok_menuhariraya

Naget (daging sapi) homemade

Naget (daging sapi) homemade

Ada sisa daging qurban, buat cemilan ank.

5 porsi
1 jam 30 menit
Tumis Horenzo Cah Sapi Jamur

Tumis Horenzo Cah Sapi Jamur

Hi Sahabat Cookpad, Apakabarnya nih? Saya Lama tak menyapa & berbagi Resep🤭 Berawal order sayuran, lalu nanya ke waitressnya, ini sayur apa mba? W: Horenzo, bayam jepang. Ok fix cari di salah satu swalayan, nemu dah si horenzo ini, Suka sama teksturnya yg garing dan krenyes2🤤

5 orang
30 menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Sebenarnya ini pertama kalinya saya mengolah daging sapi, karena saya dapat daging kurban mari kita coba untuk membuatnya #OlahanDagingKurban

7 orang
3 jam
Tongseng Sapi

Tongseng Sapi

Enak banget dimakan sama nasi anget 😊

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Ingat rendang pasti inget almarhum Bapak . Ini makanan kesukaan Beliau. Ini pertama kalinya lebaran tanpa Bapak . Bahagia di sana ya Pak Suhardi (Alfatihah)

20 potong
3 Jam
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Kalo masih punya daging sapi dari lebaran qurban yuk kita masak simpel gak mau ribet .

5 orang
1jam 30 menit
Beef teriyaki

Beef teriyaki

Suka bingung kalau mau masak buat makan nanti sore pas suami pulang, Cek cek resep di cookpad eh ketemu sama resepnya @unyi_10121988 untuk fi kulkas msih ada dikit lagi. Jadi aman lah sekali makan doang hi. #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangGA_Rence

Sapi lada hitam

Sapi lada hitam

Sisa daging qurban tinggal dikit jadi masak yg simpel aja 😁

Beef Bulgogi

Beef Bulgogi

4 orang
1 jam
Sapi ala Monggolia (beserta tips memasak daging sapi)

Sapi ala Monggolia (beserta tips memasak daging sapi)

Resep ini mudah dan lezat sekali. Kunci dari kelezatan nya adalah pemotongan daging yang tepat dan kematangan daging yang merata. Selamat di coba ya!

4 porsi