Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk

Dipos pada February 22, 2022

Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk

Anda sedang mencari inspirasi resep Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk adalah 4-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk memakai 39 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gebyar Semarak kemerdekaan kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, tahun ini temanya adalah kuliner Indonesia. Kita dipasangkan dengan member lainnya, ternyata seru juga karena kita membahas apa yang akan kita masak. Pasangan saya adalah Mbak Putri dari Batam.Dengan adanya momen ini bisa kita jadikan untuk silaturohim dan saling mengenal sesama anggota Clover. Kita memasak SE'I SAPI, saya belum pernah memasak sebelumnya. tapi kalau beli di resto Sei sapi itu sering, karena memang rasanya itu cocok di lidah saya. Pas masak sendiri ternyata lebih enak, baunya ketika daging sapi diasapi itu harum dan menggugah selera. Se'i Sapi adalah masakan daging yang diasap khas dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Se'i artinya artinya daging yang disayat. dagingnya bisa berupa ayam atau daging sapi, disajikan dengan aneka sambal. Yang saya pilih adalah sambal luat khas NTT juga. menurut saya Se'i sapi juga cocok dinikmati bersama nasi daun jeruk. Tidak lupa saya ucapkan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 76, semoga negara tercinta kita ini menjadi lebih sehat, pandemi covid lekas berlalu. Kita bangkit bersama menjadi Indonesia lebih baik. Untuk Clover, Semoga menjadi grup yang tangguh, selalu menginspirasi dan menghasilkan karya-karya terbaik. Semoga kita tetap solid. Source : Rismadama BulBul Kitchen #CoupleTangguhClover #AnnivClover3th #cookpadcommunity_surabaya #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #dapoertara

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk:

  1. 300 gram daging sapi
  2. 1 ikat daun singkong
  3. 50 gram beras
  4. 15 gram gula palem
  5. 3 lembar daun pandan
  6. 500 gram beras
  7. 1 genggam Kemangi, iris
  8. bahan pengasapan :
  9. 1 sdt gula
  10. 650 ml Air (disesuaikan)
  11. 1 buah Tomat
  12. 1 sdm kecap Inggris
  13. 2 lembar daun salam
  14. 1 batang serai geprek
  15. 2 cm lengkuas, geprek
  16. 1 Daun serai, geprek
  17. Bahan Tumis Sei Sapi :
  18. 2 lembar Daun salam
  19. 1 lembar Daun serai, geprek
  20. 2 lembar Daun salam
  21. 2 cm Lengkuas, geprek
  22. 1 buah Jeruk nipis, peras airnya
  23. 1/2 sdt lada bubuk
  24. 1/2 sdt kaldu bubuk
  25. 1 sdt bit bubuk / 1 tetes pewarna merah
  26. 5 lembar daun jeruk
  27. Nasi daun Jeruk :
  28. 6 siung Bawang Merah, iris tipis
  29. 4 siung Bawang Putih, iris tipis
  30. 1 Cabe merah, iris serong
  31. 1 sdt Gula pasir
  32. 4 siung Bawang putih, cincang
  33. 15 Cabe rawit (sesuai selera)
  34. Sambal Luat Khas NTT :
  35. 4 siung Bawang merah
  36. 1 siung Bawang putih
  37. 1/2 sdt garam
  38. 1/2 sdt Garam
  39. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk

1
Marinasi daging sapi dengan lada bubuk, garam dan saus Inggris. kemudian aduk rata. diamkan di kulkas selama 30 sampai 1 jam. untuk membuat bahan asapnya, kita siapkan dulu Kertas aluminium foil lalu beri beras, daun pandan, daun salam, daun jeruk, gula palem daun serai dan lengkuas. kemudian tutup dengan Saringan yang berlubang.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 1
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 1
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 1
2
Panaskan wajan tebal, beri bahan asapnya kemudian Letakkan daging di atasnya. jangan lupa ditutup. lakukan pengasapan selama 1 jam. 30 menit pertama balik daging. gunakan api kecil supaya dagingnya empuk merata.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 2
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 2
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 2
3
Setelah daging matang Iris tipis-tipis. bisa juga langsung dimakan atau diolah lagi. Saya tumis lagi. tumis bawang merah,bawang putih, cabe merah, daun serai dan daun salam hingga harum. beri garam dan dan gula pasir kemudian masukkan irisan sei sapi. angkat dan sisihkan.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 3
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 3
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 3
4
Rebus daun singkong hingga matang kemudian tiriskan. Iris untuk kita jadikan makanan pendamping Sei sapi.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 4
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 4
5
Kita buat nasi daun jeruk nya :Tumis bawang putih, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan daun jeruk hingga harum. kemudian tambahkan garam dan kaldu bubuk. aduk rata. yang terakhir masukkan margarin, angkat lalu masukkan bumbu ke dalam beras yang berisi air. (Masak hingga matang dalam rice cooker). untuk mendapatkan warna merahnya, ketika nasi sudah matang. Ambil sebagian nasi lalu beri bit bubuk atau pewarna merah. Aduk rata.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 5
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 5
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 5
6
Untuk sambal luat-nya: haluskan semua bahan sambal. beri garam dan gula pasir. kemudian beru irisan daun kemangi dan perasaan jeruk nipis. sambal siap disajikan bersama dengan paket Sei sapi lengkap lainnya.
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 6
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 6
Sei Sapi Dengan Nasi Daun Jeruk - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Beef teriyaki

Beef teriyaki

Bikin lauk sarapan yg praktis yuk bunda #cookpadcommunity_bandung

212. Beef Teriyaki

212. Beef Teriyaki

#TetepKenyangTanpaNasi #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia Source nurmareta ds

3 porsi
30 menit
Beef Burger

Beef Burger

Sunday Lunch hari buat Beef Burger simpel ala Amerika. Mulai dari roti burger sampai beef patties disiapkan sendiri. Beef burger cocok dimakan dengan kentang goreng dan sup krim .. what a nice lunch ❤️. #beefburger #burger #menualakafe #olahandaging #meltcheese #alaresto #menuanak #bekalanak #idebekal

Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan daging ini masakan berasal dari daerah Jawa Timur...yang khas karena pake petis. Petisnya pake sedikit aja (1 sdt) sdh kerasa banget...pilih petis kualitas bagus ya...tp bagi yg tidak suka petis atau susah mendapatkan petis bisa diskip kok...emang cita rasanya agak beda dikit sih...kalo tanpa petis cita rasanya hampir mirip semur atau bistik...dgn menambahkan sedikit petis aja cita rasanya sdh beda...manis kecap berpadu petis...menurutku lebih legit...bumbunya lebih medok...

Cilok goang dan baso sapi

Cilok goang dan baso sapi

Dimusim hujan ini, bundarana pingin share resep membuat cilok dengan takaran yang pas dan tentunya dengan kuah yang gurih dan enak.

5-10 orang
40menit
Daging Sapi Masak Bumbu Sate

Daging Sapi Masak Bumbu Sate

Inspirasi resep : @HafsaNurHafidzah Sate banget tapi tanpa tusukannya😀 Enak, gurih dan sedaap 🥰 Wajib di coba.

5 - 10 orang
3 - 4 jam
Tongseng Sapi

Tongseng Sapi

Tongseng sapi, rasanya mirip sama tongseng kambing yg biasa di jual di jogja.. #OlahanDagingKurban

4 orang
1 jam
Cah tetelan brokoli

Cah tetelan brokoli

Malam-malam lapar, ada tetelan sisa gulai dan brokoli. Dibikin menu simpel deh

3 orang
20 menit
Sapi Saus Inggris

Sapi Saus Inggris

Aslinya Sapi Saus Lada Hitam Saori, tapi tidak ada sausnya.. yang ada saus Inggris. Jadi yuk dipakai saja. 😁 Enak nih, simpel masaknya tapi mamamia lezato.. Cooksnap sayang buat Uni @azizarahmi. Terima kasih buat resep, dan juga setahun menjadi admin #GenkPejuangDapur .. Sehat dan bahagia selalu 💕 #CooksnapAdminGenkPeda #RememberGenkPeda_AzizaRahmi #CooksnapAdmin_AzizaRahmi #cookpadcommunity_sidoarjo #CookpadCommunity_Surabaya

Empal Gepuk Daging Sapi

Empal Gepuk Daging Sapi

Waktu nya Cookies resep nya bude @MomsFirza_310571 . Sekalian sebagai ucapan terima kasih saya kepada Bude yang telah memberikan banyak inspirasi resep masakan dan mempunyai semangat yang luar biasa buat saya❤️❤️ Gepuk adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan gurih. Gepuk dibuat dari daging sapi yang diiris tipis searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian dipukul pukul hingga agak empuk. Saya rebus daging nya dengan metode 5-30-7. Hasilnya empuk.. #CookpadCommunity_ Tangerang #Terimakasih_TimCocomtang #Terimakasih_AtiAgusSapto #EmpalGepuk

5 orang
60 menit
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Masih dalam rangka memasak simple dan enak. #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Sate Daging Sapi

Sate Daging Sapi

memanfaatkan bahan yang ada dikulkas untuk makan sore keluarga tercinta.

5 Orang
1 Jam 30 Menit
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Biasanya menu ini ada di #Hokben dan #Yoshinoya atau di resto ala jepang sekitar . Kebetulan lg bersama keluarga beberapa di mereka, Ada yg makan beef jadi saya buat menu tambahan . Bahan bahan ini biasa dipakai dg daging apapun , yg suka porky jg bisa pakai bahan di resep ini . #Teriyakiniku #Yakiniku #BeefBowl #Japanese #Food #Japan #AlaRestoran #Wagyu #BeefSlice #Beefyakiniku #OlahanDaging #DagingSapi #和牛 #Sapi #Japanese #MakananJepang #SliceCuteCake

2-3 Porsi
Cilok gajih kenyal gluten free bumbu kacang

Cilok gajih kenyal gluten free bumbu kacang

punya sisa gajih dari bikin bakso dibuat isian cilok yuk

Sayur Tewel & daging sapi/ Nangka Muda

Sayur Tewel & daging sapi/ Nangka Muda

Karna kelahiran sumatra Kangen masakan masakan berbau sumatra gini tapi karna punya bocil ahirnya gak pake jabr sama sekali 😅

4 orang
1 jam 15 menit
Semur daging sapi ala saya🤭(pedas, manis, gurih)

Semur daging sapi ala saya🤭(pedas, manis, gurih)

Suami kalau udah dimasakin ini makannya lahap dan 2 hari kemudian mesti minta dimasakin lagi, kalau sering-sering ya jebol jg uang belanja🤭 Resep ini juga bisa dipakai untuk masak telur, ayam atau usus. Gak harus selalu daging sapi👌

Sambel Koyor Pete

Sambel Koyor Pete

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #SalamKompakSelalu #AnekaSambelNusantara #SambelKoyorPete #SambelKoyor #MakananNusantara #AR_Merdeka #CoockingCommunityClass_KreasiSambalNusantara #BancakanCeria3C #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Kreasi sambel di posbar Cooking Coomunity Class ( 3 C ) kali ini aku membuat sambel koyor ala2 jogjakarta yang bumbunya simpel dan cemplung2 aja takaran berdasarkan feeling. Pagi2 suami request minta di belikan koyor sapi atau tetelan sapi dibuat sambel sama pete wah alamat nih akan habiskan banyak nasi 🤭🤭 secara suami suka banget sama pete di padukan ma sambel wah bayanginnya aja bikin ngiler😋

Dimsum ayam sapi (YamPi)

Dimsum ayam sapi (YamPi)

25 buah
1 jam