Dendeng Sapi

Dipos pada February 23, 2022

Dendeng Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Dendeng Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Dendeng Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Dendeng Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Dendeng Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Dendeng Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Dendeng Sapi memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Dendeng Sapi:

  1. 300 gr Daging Sapi
  2. Jeuk nipis, garam buat marinasi
  3. Bahan cemplung:
  4. 1 sdm Bumbu dasar putih (bawang merah, bawang putih, kemiri)
  5. 1 sdm ketumbar
  6. 1 bgt sereh
  7. 2 lembar daun salam
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 2 ruas lengkuas
  10. 1 ruas jahe
  11. Bahan sambal:
  12. 1 ons cabe merah keriting
  13. 7 siung bawang merah
  14. 3 siung bawang putih
  15. Air asam jawa
  16. Kaldu jamur
  17. Garam
  18. 1 sdm gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Dendeng Sapi

1
Iris tipis daging, cuci bersih lalu kucuri jeruk nipis dan garam
2
Dalam panci masukkan air dan semua bumbu cemplung, masukkan daging masak sampai daging empuk
3
Setelah daging empuk, digeprek di batu gilingan, lalu goreng daging sebentar
4
Ulek kasar bumbu sambal cabai, bawang, garam,tumis dalam minyak panas sambal masukkan gula, asam jawa, garam kaldu koreksi rasa, masak sampai bumbu matang, masukkan daging, aduk2, masak dan sajikan.
Dendeng Sapi - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto daging sapi

Soto daging sapi

Soto favorit semua anggota keluarga, mau jajan di luar pun tetap soto yang dibeli 😁. Mari bikin versi rumah ya

Nasi Goreng Kari Sapi (extra acar)

Nasi Goreng Kari Sapi (extra acar)

Salah satu masakan anti ribet yang banyak digemari ini biasanya dicari saat lapar melanda tengah malam. Juga cocok disantap pas hujan. Seringkali juga dibuat untuk sarapan pagi keluarga. Sajian ini sampai juga terdengar di telinga wisatawan asing. Banyak dari mereka yang sengaja datang untuk mencicipi kuliner ini. Nasi goreng pada umumnya hanya membutuhkan bumbu-bumbu dasar yang ada di dapur seperti bawang merah, bawang putih, telur dan nasi putih. Kemudian semua diolah dimasak menjadi satu kesatuan dalam wajan. Meskipun terlihat sederhana, namun menu makanan yang satu ini memiliki cita rasa unik di lidah. Menu olahan nasi goreng bisa dipadukan dengan beragam menu dan topping lain, seperti sosis, bakso, ikan, ayam, bahkan buah-buahan seperti mangga dan nanas juga bisa dijadikan topping spesial. Biasanya dimakan bersama acar timun dan bawang merah. Kali ini saya bikin nasi goreng kari dengan potongan daging sapi bersama dengan acar nenas dan teman-temannya. Namun jujur saya kurang semaniak itu sama nasi goreng. Pernah sekali waktu jajan nasi goreng yang minyaknya seabreg-abreg, se-oily itu Bunda, sampai-sampai terasa tidak enak di tenggorokan hingga mulut terasa kering. Jangan sering-sering ya menyantap nasi goreng kalau tidak ingin merasakan sakitnya panas dalam dan radang tenggorokan.

Tumis asam daging sapi

Tumis asam daging sapi

Bisa pake cabe rawit irit klo suka pedes, klo aku ga suka pedes jadi ga pake.

Tumis Brokoli Sapi

Tumis Brokoli Sapi

Masak yg simple2 aja 😁

3 orang
45 menit
Beef Teriyaki ala HokBen

Beef Teriyaki ala HokBen

Minggu ini Cookpad ngajak jalan-jalan ke Jepang. Mumpung masih ada stok daging di kulkas. Hihi, ngirisnya sih niatnya tipisssss tapi apalah daya pisaunya tidak bersahabat alhasil agak tebal. Source: @aysylviana #Jabodetabek_MakananJepang #PosbarMasakanJepang #CookpadCommunity_Tangerang

Beef Blackpepper simple

Beef Blackpepper simple

Berawal ngidam beef blackpepper n jajan mulu, akhirnya bikin sendiri dgn bahan2 yg simple bgt

4-5 org
30 menit
Soto daging sapi ala rumahan

Soto daging sapi ala rumahan

Pngen yg seger berkuah, krn gk ad daging ayam, pke daging sapi aja,

15. Beijing Beef / Crispy Beef

15. Beijing Beef / Crispy Beef

Ide resepnya dapet dari postingan di facebook

3 porsi
Baso sapi dan baso ikan kuah bening

Baso sapi dan baso ikan kuah bening

Dimusim hujan ini, bundarana pingin share resep membuat baso dengan kuah yang mantap dan passs bumbunya. Selamat mencoba ;)

3-5orang
30menit
Daging sapi saos lada hitam

Daging sapi saos lada hitam

Ini resep cukup untuk 2 orang, jadi bisa disesuaikan dengan anggota keluarga/teman yang ada. Foto ini diambil ketika daging sapi saos lada hitam mau dimasukkan kekulkas, jadi saya tambah air sedikit. Agar ketika dihangatkan kembali, tidak ditambahkan air lagi.

+- 2 jam
Sop Tetelan Favorit, Sedap, Mantul

Sop Tetelan Favorit, Sedap, Mantul

Terinspirasi dari resepnya cici @xanderskitchen seger enak banget. Anak-anak suka banget. Kalau saya sama paksu makannya ditambahin sambal lebih mantul. Yuk cobain resepnya.

Balado Daging Sapi bumbu Seblak

Balado Daging Sapi bumbu Seblak

Ada sisa daging slice di kulkas,, bingung mau diapain soalnya daging slice nya agak alot kalo di grill.. Terpikirlah untuk dibikin oseng balado,, tapi karena cabenya kurang banyak jadi kurang gigit merahnya. Iseng2 pengen ditambah kencur jadilah kaya bumbu seblak.. πŸ˜‚πŸ˜‚ Tapi ternyata rasanya diluar ekspektasi,, enaaakk bangeettt ini bikin boros nasi pokonya.. 😁 Maafkan tidak ada foto langkah2nya,, tadinya gak akan masuk cookpad tapi karena ini enak,, sayang banget kalo gak masuk πŸ˜€ #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung

2-3 orang
20-30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Terinspirasi dari resepnya Chef Devina. Rasa rendangnya enak sampai ke dagingnya berasa bumbunya. Ndak sia2 masaknya lama tapi hasilnya memuaskan. #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogykarta

Sop Iga sapi

Sop Iga sapi

#Cookpadcommunitykalbar #Cookpadcommunitypontianak #Cookpadcommunitykuburaya #Cookpadcommunityindonesia

4 orang
2 Jam
Tim daging Sapi ikan asin dengan rempah

Tim daging Sapi ikan asin dengan rempah

makan sehat super nyummy dan segar

10-12 porsi
1 jam
Beef bolognese Lasagna

Beef bolognese Lasagna

Cemilan mengenyangkanπŸ˜„

4-5org
1 jam
Steak Sapi Saus Lada Hitam (Beef Steak Black pepper Sauce)

Steak Sapi Saus Lada Hitam (Beef Steak Black pepper Sauce)

Terinspirasi dari Chef Devina dengan sedikit modifikasi sesuai bahan yang ada.

1 orang
45 menit
Tumis Daging Sapi Sayur Pakcoy

Tumis Daging Sapi Sayur Pakcoy

Memanfaatkan sisa makanan yg ada dirmh.....hhmmmm aq bangat itu🀭😁 Jd ceritanya kmrn itu masak nya tumis daging sapi aja pake paprika cuma kebanyakan dan gak hbs, jd drpd di cuekin aja di kulkas mending aq tambahin dgn sayur pakcoy aja. Tinggal tambahin air dikit di tumisan dagingnya dan jd d tumis daging sapi sayur pakcoynya.....πŸ€—πŸ˜€ #MasakSetiapBagian #ManfaatkanSisaMakanan #DibuangSayang #PekanPosbar #CookpadCommunity_Bekasi

5 org
30 menit